3.20.2012

madu dan manfaatnya

Madu adalah makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti Karbohidrat,Asam amino, Vitamin. Mineral. Dekstrin , Pigmen tumbuhan dan Komponen aromatik. Bhakan dari hasil penelitian ahli Gizi dan Pangan, Madu mengandung Karbohidrat yang paling tinggi di antara produk ternak lainnya seperti susu, telur, daging , keju,dan mentega, sekitar 82,3% lebih tinggi kandungan karbohidrat di dalam madu . setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1000 gr madu murni setara 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gr daging. Dari hasil penelitiab terbaru ternyata zat-zat atau senyawa yanga da di dalam madu sangat komplek yaitu mencapai 181 jenis.
Khasiat Madu telah di kenal sejak zaman Mesir Kuno. bahkan Ratu Cleopatra menggunakannya untuk merawat kesehatan dan kecantikannya. Selain itu juga madu digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikannya. selain itu juga madu digunakan untuk ramuan pembalseman (mengawetkan mummi) Raja- Raja mesir kuno. Tradisi orang jepang adalah meminum madu setiap malam agar bangun tidur segar dan sehat.

Salah satu keunikan madu adalah karena madu mengandung Antibiotik. Hal itu hasil penelitian Peter C Molan (1992) peneliti dari department of Biological Sciences. University of Waikoto,Selandia Baru.  Menurutnya Madu terbukti mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman pantogen penyebab penyakit. Selain itu juga peneliti dari Department of Biochemistry, Faculty of Medicine , Universuty of Malaya di Malaysia Kamaruddin (1997) juga menyebutkan Bahwa didalam madu terkandung zat anti microbial, yang dapat menghambat penyakit.
Beberapa penykit infeksi oleh berbagai patogen yang dapat di cegah dan disembuhkan dengan minum madu secatra teratur diantaranua Infeksi saluran pernafasan (ISPA) batuk, demam, penyakit luka tukak lambung, infeksi saluran pencernaan, Penyait kulit.
Kandunag Madu . Madu memiliki komponen kimia yang memiliki efek koligemik yaitu Asetilkolin. Asetilkolin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah. Gula yang tterdapat didalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi secara tepat bila dibanding gula biasa. Disamping kandungan gulanya yang tinggi (Fruktosa 41% ; glukosa 35% ; sukrosa 1,9%) Madu juga mengadung komponen lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan.
Beberapa penyakit infeksi oleh berbagai Vitamin seperti Vitamin A, B1, B2, mineral seperti kalsium,natrium,kallium,magnesium,besi,juga garam iodine bahkan radium. selain itumadu jug amengandung anti biotik dan berbagai asam organik seperti  asam malat tartarat,sitrat,laklat dan oksalat.
Manfaat Madu:
Madu dapat di konsumsi oleh segala tingkatan, dar janin hingga orang tua.
1. Janin : madu dapat memperkuat janin yang lemah dalam kandungan (rahim)
2. Ibu Hamil : Madu membantu menjaga stamina dan kesehatan selama mengandung bayi dan membantu asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan.
3. Bayi : Membantu perkembangan otak bayi, karena setiap harinya otak terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. untuk itu ia membutuhkan gizi yang tinggi. Pertumbuhan dan perkembangan otak sangat terkait oleh kecerdasan Otak (IQ)  dan kecerdasan mental (EQ). Hal ini dapat dilihat dewasa ini aneka produk makanan tambahan baik susu maupun bubur bayi yang di formulasikan dengan madu.
4. Anak-ANak : membantu agar nafsu makan meningkat (adanya unsur Vitamin B yang lengkap dalammadu), sehingga anak tumbuh sehat lincah dan riang serta tahan terhadap penyakit.
5.Remaja: Khasiat madu pada masa akil baligh remaja membuat tumbuh sangat cepat, gizi yang terbaik dan teratur akan membuat pertumbuhan tubuh menjadi sempurna.
6. Dewasa : memulihkan kelelahan dan stress, tanpa zat gizi yang memadai rawan terjangkiti penyakit seperti thypus,radang,serta infeksi bakteri lainnya makan dalam hal ini madu adalah makan tambahan terbaik.
7. Lanjut usia : Madu adalah makanan terbaiak yang sangat di butuhkan bagi manula (Manusia Lanjut Usia), karena madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat di serap oleh tubuh, dimana pada usia tersebut organ pencernaan kita sudah mulai berkurang fungsinya.
Keterangan:
Bagi orang yang jarang mengkonsumsi madu efek samping yang umumnya terjadi adalah diare, tetapi ini akan segera hilang dengan sendirinya. Banyak orang yang minum madu selagi kita sakit saja. tetapi bukankah ” MENCEGAH LEBIH MURAH DARIPADA MENGOBATI “,  Apalagi saat kondisi krisis ekonomi saat ini.

Ada juga propolis , Propolis adalah bahan rekat atau dempul bersifat resin yg dikumpulkan oleh lebah pekerja dari kucup, kulit atau bagian lain dari tumbuhan. Dalam sarang,propolis digunakan oleh lebah untuk menutup cela-celah, mendempul retakan, mengurangi atau memperkeil lubang (pintu masuk), atau mentup lubang dari luar.
Susunan kimia propolis ngat kompleks, antara lain mengandung zat aromatic. Zat wangi, bebrbagi menirel dan sebagainya. Propolis sudah dijadikan berbagai obat jadi dalam pabrik farmasi, antara lain untuk obat luka, dalam tapal gigi,luka usus dan sebagainya, hal ini sangat memungkinkan karena didalam propolis terdapat zat antibiotic.
Dalam kehidupan keluarga lebah, royal jelly merupakan bahan makanan yang diperuntukan bagi semua tetasan lebah (larva) umur 1-3 hari. Dari makanan utama, larva calon ratu (queen cell) dan ratu lebah yang terus diberikan sampai ratu lebah mati. Royal jelly ini dihasilkan oleh lebah madu dari jenis lebah pekerja muda umur 3 – 13 hari, dan disekrrskan melalui kelenjar hipofarink (kelenjar ujung tenggorokan) dari proses metabolisme dangan bahan baku madu dan pollen.
Metode produksi royal jelly pada prinsipnya sama dengan produksi ratu lebah, yaitu merupakan hasil imdifikasi teknologi menggunakan mangkokan mangkokan ratu yang diisi larva umur 1-2 hari dan dipasangkan pada bagian frame untuk selanjutnya dimasukan ke dalam koloni cell builder, pemanenan royal jelly dilakukan setelah 3-4 hari dari mulai grafing (memindahkan larva lebah mangkokan ratu).


Nama : Nur Azizah
Kelas : 1PA07
NPM: 15511293




sumber:
http://becauseofyou99.wordpress.com/2011/07/29/manfaat-madu-yaman-untuk-anak/
http://www.maduasliindonesia.com/2011/08/propolis.html

No comments:

Post a Comment